Surat Al Waqiah dan fadhilahnya

Pengertian surat Al Waqiah

Surat Al Waqiah adalah surat yang ke 56 dalam urutan di dalam Al Quran, terdiri dari atas 96 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Taa Haa.

Di namai "Al Waqiah (hari kiamat)". di ambil dari perkataan "Al Waqiah" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok Isinya

Keimanan

Huru-hara di waktu terjadinya hari kiamat; manusia di waktu berhisab terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan yang bersegera menjalankan kebaikan, golongan kanan dan golongan yang celaka serta balasan yang diperoleh oleh masing-masing golongan; bantahan Allah terhadap keingkaran orang yang mengingkari adanya Tuhan, hari berbangkit dan adanya hisab; Al Quran berasal dari Lauhul Mahfudh.
Hal lain yaitu Gambaran tentang surga dan neraka.

Baca: Surat Al Kahfi dan Fadhilanya

Fadhilah Surat Al Waqiah

Di antara fadhilah-fadhilah membaca surat Al Waqiah sebagai berikut:
1. Jika dibaca setiap malam sebagai wirid maka tidak akan tertimpa kepapaan.
Nabi saw bersabda :

Man qara'a suuratal-waaqi'ati kulla lailatil lam tusibhu faaqah, wa suuratul-waaqi'ati suuratul-gina faqra'uuhaa wa 'alimuuhaa aulaada-kum.

Artinya: " Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. Dan surat Al Waqiah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu".

2. Berkata Masruq: " Siapa ingin mengetahui cerita orang-orang terdahulu dan orang-orang terkemudian, serta carita ahli surga dan ahli neraka, penduduk dunia dan akhirat, maka bacalah surat Al Waqiah". (Tafsir Jamal, Juz IV halaman 269)

Baca: Fadhilah dan khasiat surat yasin

3. Imam jafar ra berkata :"Barangsiapa membawa surat Al Waqiah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja, atau untuk mencari kebutuhan. Maka Allah Ta'ala mempermudah rezeki dan mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah sedangkan fitnahannya kembali pada orang itu". (Khazinatul Asrar Kubra, hal. 360)

4. Disebutkan dalam khawashul Quranm siapa yang membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka didatangkan hajatnya terutama urusan rezeki. Dan barangsiapa membaca surat AL Waqiah sesudah shalat Asar sebanyak 14 kali dalam satu  majelis, maka didatangkan hajatnya terutama urusan rezeki. Aturan tersebut adalah mujarab. Jika menginginkan datangnya rezeki dari Allah dengan tak disangka-sangka, maka bacalah surat Al Waqiah selama 40 hari berturut-turut jangan terputus dan setiap hari dibaca 40 kali.

5. Dengan mewiridkan surat Al Waqiah sebagai bacaan rutin setiap hari  dan malam, maka Allah menjauhkan kefakiran selamanya. Sa'd Al Mufti mengatakan bahwa hadits ini shahih

Surat Al Waqiah dan fadhilahnya