Hal-hal yang dilarang bagi wanita haid

Ada beberapa hal  yang  jelas-jelas diharamkan oleh agama untuk dilakukan oleh seseorang wanita yang sedang dalam masa menstruasi, yaitu meliputi:
1.     1.  Melaksanakan shalat
Haram hukumnya bagi wanita yang sedang haid melakukan shalat, baik shalat wajib dan shalat sunnah. Adapun berkaitan dengan shalat wajib yang ditinggalkan,secara umum tidak perlu diqadha’ namun secara khusus ada sebagian shalat yang masih menjadi tanggungan seorang wanita haid, yaitu jika dalam kondisi:
-          Jika datangnya haid lama setelah masuknya waktu shalat sementara sebelumnya seorang wanita tidak cepat-cepat melaksanakan shalat. Misalkan, seorang wanita mengeluarkan darah haid jam 1 siang. Padahal waktu masuknya shalat dzuhur sudah satu jam sebenarnya bisa digunakan untuk shalat, tetapi wanita tersebut wajib meng qadha shalat dhuhur yang ditinggalnya.
-          Jika jarak antara suci dengan habisnya waktu shalat masih cukup digunakan untuk bersuci dan shalat, namun wanita tidak cepat-cepat melaksanakan shalat, maka wajib baginya untuk mengqadha shalat. Misalnya seorang wanita suci dari haidnya pada pukul 12.30. pada pukul itu wanita masih punya banyak waktu untuk bisa sesegera mungkin melaksanakan shalat dhuhur, namun dia ‘teledor’ tidak sesegera mungkin bersuci dan melaksanakan shalat hingga waktu dhuhur habis. Jika kasusnya seperti ini maka wanita wajib mengqadha shalat dhuhur yang ditinggalkannya.
2.      2.  Berpuasa
Seorang wanita yang sedang menjalani masa haid diharamkan melaksanakan puasa, baik puasa wajib di bulan ramadhan maupun puasa sunnah. Jika tetap melaksanakan puasa maka puasanya tidak sah. Jika seorang wanita sedang dalam puasa, namun tiba-tiba datang bulan, maka pada saat itu pula batal puasanya dan tetap wajib mengqadha puasa yang ditinggalkan itu di kemudian hari.
3.    3.  I’tikaf di mesjid
Bagi wanita haid haram hukumnya berdiam diri di Mesjid. Sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa ketidak-bolehan wanita haid dalam masalah ini bukan saja berdiam diri, namun juga melewati area tanah yang menjadi area mesjid. Namun ada juga yang mengatakan sebaliknya, larangan itu hanya diwilayah dalam mesjid, sementara di luar, yakni diserambi masjid atau dilapangan masjid masih diperbolehkan.
4.      4.  Melakukan hubungan seks dengan suami
Diharamkan pula wanita yang sedang dalam masa menstruasi melakukan hubungan badan dengan suami.
5.       5. Membaca, menyentuh, atau membawa Al quran
Haram pula wanita di masa haid membaca, menyentuh dan membawa Al Quran. Sebagian ulama yang begitu hati-hati menyatakan bahwa keharaman dalam hal ini juga berlaku pada menyentuh atau membawa mushafnya. Berpijak dari sini maka tidak boleh juga bagi wanita yang haid menyentuh tulisan-tulisan ayat-ayat Al quran. Dalam sebuah hadits nabi pernah melarang orang junub memaca Al quran:

Saya melihat Rasulullah berwudhu kemudian membaca sesuatu dari Al Quran lalu beliau bersabda, “Ini adalah orang tidak  junub, maka ia tidak boleh /membaca Al quran) meskipun hanya satu ayat” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la)

Dalam masalah ini sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa tidak termasuk larangan bagi orangberhadats besar  melakukan dzikir, meskipun kalimah-kalimah dzikir tersebut berasal dari ayat-ayat Al Quran;dengan syarat membaca dzikir tersebut tidak berniat membaca Al  Quran. Sebagian pendapat ada yang mengatakan bahwa bagi para wanita hafidha (hafal Al Quran) diperbolehkan membaca Al Quran saat haid jika takut hafalannya hilang. Pengecualian  ini juga berlaku bagi ustadzah yang mengajar Al Quran yang rasanya tidak mungkin meninggalkan mengajar saat datang bulan.
6.     6.  Thawaf
Thawaf adalah mengelilingi Ka,bah. Amalan ini lazim dilakukan oleh seorang-orang yang melaksanakan ibadah haji atau umrah. Termasuk hal yang haram ketika wanita sedang haid adalah melaksanakan tawaf ini.
7.       7. Dicerai suami

Wanita yang sedang dalam masa menstruasi haram hukumnya bagi suami untuk mentalaknya. Kalau memang terpaksa mentalak istri, suami wajib menunggu hingga masa haid istrinya itu habis.

sumber fikih ibadah untuk wanita haid

Hal-hal yang dilarang bagi wanita haid