Pengertian bentuk dan penggunaan lambang gerakan pramuka

Bagi anak pramuka tidak akan lepas yang namanya lambang gerakan pramuka. Lambang ini seperti telah melekat di baju dan di hatinya maka dari pastilah anak pramuka mengenal dan memahami lambang gerakan pramuka yang berbentuk tunas kelapa ini.

I. Pengertian lambang 

Lambang Gerakan Pramuka merupakan sebuah tanda pengenal tetap yang mengartikan sifat, keadaan, nilai dan norma yang ada pada setiap anggota Gerakan Pramuka yang menjadi cita-cita tujuan di bentuknya gerakan pramuka.

Baca: Cara Menambahkan Kalender Outook ke Android Kamu

Lambang tersebut dibuat  oleh Almarhum Bapak Soenardjo Atmodipura, seorang pembina pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang gerakan pramuka ini pertama kali di buat dan digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang di anugerahkan sebagai lambang gerakan pramuka indonesia.

II. Bentuk dan arti kiasan
  1. Bentuk dari lambang gerakan pramuka adalah gambar bayangan dari tunas kelapa
  2. Arti kiasan lambang gerakan pramuka adalah sebagai berikut:
  • Buah Nyiur keadaan tumbuh, dinamakan CIKAL dan istilah CIKAL BAKAL di indonesia berarti "penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru" jadi lambang bauh nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa indonesia. 
  • Bauh nyiur mampu bertahan lama dalam keadaan dan suauana yang bagaimanapun. Jadi lambang itu mengkaiskan bahwa tiap pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniahnya sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa indonesia.

    Baca: cara membuat label undangan dengan microfost word
  • Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.
  • Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di indonesia.
  • Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.
  • Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya.
III. Penggunaan
  1. Lambang gerakan pramuka dapat digunakan antara lain; pada panji, bendera, papan nama, kwartir dan satuan, tanda pengenal dan alat administrasi.
  2. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk menginga dan menanamkan pada setiap anggota gerakan pramuka, agar memiliki sifat dan keadaan seperti arti kaisan lambang tunas kelapa tersebut.

Pengertian bentuk dan penggunaan lambang gerakan pramuka