Kumpulan kata-kata mutiara hadits muslim,ahmad dan bukhari

Kumpulan kata-kata mutiara hadits muslim, ahmad dan bukhari - Mungkin untuk merangkum kata-kata mutiara yang berasal dari kitab para imam besar kedalam artikel blog ini sangat tidak memampuni karena tebalnya kitab-kitab mereka. Mungkin hanya sedikit yang mampu tercantum dalam artkel ini tapi di pilih secara acak untuk khusus kata-kata mutiara hadits.

1. Cara memadamkan api kemarahan

"Sesungguhnya marah itu sumbernya dari syetan; dan syetan itu berasal dari api, dan sesungguhnya api itu hanya bisa dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, apabila salah seorang diantara kamu itu marah, maka segeralah ambil air wudhu (membasuh muka dengan air untuk mengerjakan shalat)
(HR. Abu Dawud)

2. Ciri-ciri orang mukmin(orang yang beriman)

"Apabila perbuatanmu (amal baktimu) yang baik itu mengembirakanmu; dan perbuatanmu (amalanmu) yang jahat itu menyusahkan (menggelisahkan) hatimu; maka yang demikian itulah tanda-tanda (ciri) bahwa engkau adalah seorang mukmin".
(HR. Ahmad, ibnu Hibban, thabrani, hakim dan baihaqi)

Baca: Tata Cara Mengurus Jenazah Dengan Tepat

3. Perang melawan hawa nafsu

"Jihad (perang) yang paling utama (sangat bagus nilainya di hadapan Allah) ialah jihadnya seseorang terhadap dirinya sendiri dalam melawan hawa nafsunya."
(HR. Bukhari dan Muslim)

4. Mengikuti jejak dan sunnah nabi

"Tidaklah/belumlah sempurna iman seseorang di antara kamu sehingga (sebelum) ia merasa cenderung /mengikuti apa saja yang telah aku (Rasulullah) sampaikan/ajarkan)
(HR. Tirmidzi)

5. Orang yang paling menyesal pada hari kiamat

"Orang yang paling menyesal (mengalami kerugian) di hari kiamat ialah orang yang mempunyai kesempatan untuk mencari ilmu di dunia, tetapi (kesempatan) itu tidak digunakannya untuk mencari ilmu dan orang yang mengajar orang lain, tetapi orang yang di ajar(diberi ilmu pengetahuan) itu mendapat manfaat(dari ilmunya) sedangkan dia (yang mengajar) tidak mendaptkan manfaat".
(HR. Abu Asakir)

6. Jalan untuk menuju surga

"Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari (menuntut) ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan (menuju surga)."
(Hr. Muslim)

7. Jadilah tangan di atas

"Tangan yang ada di atas(maksudnya pemberi, dermawan) itu lebih mulia daripada tangan yang di bawah (maksudnya penerima, peminta)."
(HR. Daruquthani)

Baca: Surat Al Waqiah dan fadhilahnya

8. Katakanlah

"Katakanlah yang haq(yang benar, sesuai dengan syariat islam) sekalipun pahit rasanya (apa yang dikatakannya itu)."
(HR. Ibnu Hibban)

9. Jauhilah Hasad/Dengki

" Jauhilah olehmu akan sifat dengki (hasud), karena sesungguhnya hasud (dengki) itu memakan (merusak) amal kebajikan seperti api memakan (merusak) kayu besar)."
(HR. Abu Dawud)

10. Cara untuk meraih pegaruh atau kekuasaan

"Kamu semua tidak akan bisa (meraih, memperoleh pengaruh) orang lain (masyarakat banyak) dengan harta kekayaan ; tetapi kamu bisa mempengaruhi merekadengan (bersikap) bermuka manis dan berbudi bahasa yang baik (akhlak yang baik)."
(HR. Abu Ya'la)

11. Syirik Kecil

"Sesungguhnya yang paling saya khawatirkan kepada kamu semua ialaha syirik kecil; (syirik kecil yaitu riya) yakni beribadah tidak kepada Allah semata, tetapi bertujuan agar dilihat dan disanjung oleh orang lain."
(HR. Ahmad)

12. Mencintai sesama manusia

"Demi Allah yang jiwaku berada di tangan Nya! Tidaklah sempurna iman seseorang hamba, hingga ia mencintai kepada saudaranya (tanpa pandang bulu) sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."
(HR. Bukhari dan muslim)

13. Mempererat tali persaudaraan (silahturahmi)

"Barangsiapa yang menginginkan murah rezekinya serta panjang  umurnya; maka hendaklah ia mempererat (memperkokoh) tali persaudaraan antar sesamanya."
(HR. Bukhari)

14. Menunjukkan kepada jalan kebaikan

"Barangsiapa menunjukkan (memberikan fatwa) kepada orang lain agar berbuat baik (mengerjakan amal kebaikan); maka orang itu(orang yang menunjukkan) akan memperolah pahala sama seperti pahala (yang diperolah)oleh orang yang mengerjakannya."
(HR. Muslim)

15. Larangan berbisik-bisik apabila kita sedang bertiga

"Apabila kamu sedang bertiga, maka janganlah berbisik berdua saja tanpa mengikutsertakan temanmu yang ketiga, kecuali kamu sedang berada ditengah-tengah masyarkat banyak (kamu boleh berbisik-bisik); karena perbuatan yang demikian itu sangat mengharukan hatinya(orang ketiga)."
(HR. Bukhari dan Muslim)

16. Iman dan budi pekerti

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah orang yang paling baik budi pekertinya."
(HR. Ahmad)

17. Mengukur diri dengan orang lain yang lebih rendah dalam soal keduniaan

"Pandanglah (ukurlah dirimu) kepada orang yang lebih rendah dari kamu (dalam soal hartaa kekayaan, harta dunia), jangan memandang  (mengukur, membandingkan) ke atas yang lebih tinggi dari kamu; karena yang demikian itu lebih baik agar kamu jangan memperkecil nikmat karunia Tuhan yang telah dianugerahkan kepadamu."
(HR. Bukhari dan muslim)

18. Hidup bersahaja

"Makanlah, minumlah, berpakaianlah dan bersedekahlah (tapi) jangan berlebih-lebihan (boros, berfoya-foya) dan janganlah untuk bermegah-megahan."
(HR. Bukhari dan muslim)

19. Hak dan kewajiban sesama muslim

"Hak (kewajiban) seorang muslim terhadap muslim yang lainnya itu ada enam perkara, yaitu 1). apabila bertemu berilah salam kepadanya; 2). apabila dipanggil (diundang) maka datanglah (penuhilah undangannya); 3). apabila diminta nasehat maka berilah nasehat; 4). apabila ia bersin lal diiringi mengucap alhamdulillah maka jawablah yarhamukallah; 5). apabila ia sakit maka jenguklah; 6). apabila ia meninggal dunia maka antarkanlah jenazahnya sampai kekubur."
 (HR. Muslim)

Baca: Surat Al Kahfi dan Fadhilanya

20. Tunaikanlah amanat, jangan khianat

"Tunaikanlah (sampaikanlah) amanat itu kepada orang yang mengamanati kamu dan janganlah mengkhianati orang yang telah berbuat khianat kepadamu".
(HR. Tirmidzi)

21. Janganlah memutuskan perkara dalam keadaan marah

"Janganlah seseorang mengadili (menjatuhkan hukuman) di antara dua orang (yang sedang berselisih) sedangkan kamu dalam keadaan marah."
(HR. Bukhari muslim)

22. Kurangi dosa dan hutang

"Kurangilah dosa, supaya mudah dalam menghadapi kematian dan kurangilah hutang supaya engkau hidup merdeka."
(HR. Ibnu majah)

23. Mencela kesalahan orang lain

"Barangsiapa yang mencela kesalahan orang lain maka sebelum mati ia akan berbuat dosa pula seperti itu."
(HR. Tirmidzi)


24. Sebaik-baik ucapan

"Ucapan/perkataan yang paling disukai Allah itu ada empat tidak ada salahnya dengan mana saja kamu memulainya. Ucapan itu ialah : SUBHANALLAH (Maha Suci Allah); ALHAMDULILLAH (Segala puji bagi Allah); LAA ILAAHA ILLALLAAH (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan  Allah); dan ALLAHU AKBAR(Allah Maha Besar).'
(HR. Muslim)

25. Jangan bermasam muka di hadapan sesama saudara

"Sesungguhnya Allah Ta'ala benci kepada orang yang bermasam muka di hadpaan saudara-saudaranya."
(HR. Ad-Dailami)

26. Diam adalah satu kebijaksanaan

"Diam itu adalah satu kebijaksanaan, tetapi sedikit benar orang yang berbuat demikian (mengerjakannya)."
(HR.  Al-Baihaqi)

27. Menyembunyikan ilmu pengetahuan

"Barangsiapa yang ditanya tentang sesuatu itu ( ilmu pengetahuan) lalu disembunyikan (tidak disebarkannya), maka orang itu kelak pada hari kiamat akan dikekang dengan api neraka."
(HR. Abu Dawud)

28. Antara dosa dan taubat

"Semua anak Adam (manusia) sering membuat kesalahan dan sebaik-baiknya kesalahan (orang yang berbuat kesalahan) itu ialah orang yang suka bertaubat."
(HR. Tirmidzi)

29. Tinggalkanlah barang yang meragukan

"Tinggalkanlah apa yang meragukan (kamu) dan kerjakanlah apa yang tidak meragukan kamu."
(HR. Tirmidzi)

30. Meninggalkan perkara yang tidak berguna/kurang manfaat

"Termasuk diantara tanda kesempurnaan Islamnya seseorang ialah meninggalkan urusan yang tidak bermanfaat baginya."
(HR. Tirmidzi)

31. Perumpamaan sesama mukmin

"Orang mukmin satu dengan orang mukmin lannya, adalah ibarat suatu bangunan yang sebaiknya memperkokoh pada bagian yang lain."
(HR. Muslim)

32. Cara menolong orang berbuat zalim

"Tolonglah saudaramu baik yang berbuat zalim atau yang dianiaya. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah! Kami mengerti tentang menolong orang yang sedang dianiaya, tetapi bagaimana caranya kami menolong orang yang menganiaya? (Nabi saw menjawab: Hendaklah kamu mencegahnya agar jangan berbuat aniaya)."
(HR. Bukhari)

33. Amal yang paling disukai Allah

"Rasulllah saw pernah ditanya oleh seorang sahabat : Amal apakah yang paling di sukai oleh Allah Ta'ala? Beliau saw menjawab: Yaitu amal yang kontinyu dikerjakannya sekalipun sedikit nilainya."
(HR. Bukhari)

34. Orang islam yang sempurna keislamanya

"Orang islam yang sempurna keislamannya, ialah orang yang menyelamatkan orang islam lainnya dari gangguan lidahnya dan gangguan tangannya."
(HR. Muslim)

35. Menarik kembali suatu pemberian

"Orang yang meminta kembali atas pemberiannya maka sama halnya seperti seekor anjing yang muntah kemudian dimakannya kembali muntahannya."
(HR. Bukhari)

36. Mengubah kemungkaran

"Barangsiapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran maka hendaklah ia berusaha untuk memperbaikinya dengan tangannya (kekuasaanya); apabila tidak memungkinkan maka hendaklah berusaha memperbaikinya dengan lidahnya (memberikan nasehat); apabila tidak mungkin pula untuk mengubahnya maka hendaklah memperbaikinya dengan hatinya yakni meninggalkannya, tidak ikut-ikutan yang demikian itu selemah-lemahnya iman."
(HR. Muslim)

37. Manfaat berjabatan tangan

"Berjabatan tangalah kamu satu sama lain, agar lenyaplah dendam kesuamt yang ada dalam hatimu."
(HR. Baihaqi)

38. Aturan memberi salam

"Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan; orang yang berjalan hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk; orang yang sedikit jumlahnya hendaknya memberi salam kepada orang yang banyak jumlahnya."
 (HR. Bukhari muslim)

39. Takwa dan amal kebajikan

"Hendaklah kamu bertaqwa kepada Allah di mana saja kamu berada; dan susullah (tutupilah) perbuatan yang jahat dengan perbuatan yang baik, pasti akan menghapuskannya dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik."
(HR. Ahmad)

40. Mengambil barang orang lain

"Janganlah kamu mengambil barang kepunyaan orang lain, baik dengan cara bergurau (berpura-pura) ataupun dengan sengaja."
(HR. Tirmidzi)

Demikianlah sedikit kumpulan kata-kata mutiara hadtis dari para imam besar yang terkenal. semoga bermanfaat.

Kumpulan kata-kata mutiara hadits muslim,ahmad dan bukhari