Cara Melatih Diri Menjadi Pembaca Yang Pintar

Belajar cara melatih diri menjadi pembaca yang pintar - seperti memaksimalkan ingatan dan kemampuan dan lebih fleksibel mudah dalam memahaminya - bermain sebuah aturan dalam membaca.
Gable Denims/500px

Melatih diri menjadi pembaca sebuah panduan untuk mendidik.

Murid-murid yang berjuang giat dengan membaca jarang mengetahui skill berpikir, seperti mengingat, merencanakan dan berusaha untuk fokus ketika sedang membaca itu adalah kemampuan alami dari seorang pembaca. Kebanyakan guru, ketika para murid disuruh membaca sesuatu mungkin sudah sangat hal umum sehingga juga kebanyakan guru memiliki kesulitan dalam menyuruh anak didik mereka untuk membaca.

Baru-baru ini saya menemukan artikel luar sana yang bisa membantu para guru, artikel tersebut telah dilakukan penelitian oleh ahli spesialis membaca yang memiliki antusias dalam mengembangkan niat membaca anak didik.

Saya menyebutkan bahwa para murid  mungkin memiliki kesulitan dalam melatih diri menjadi pembaca, yang mana pengertian perbedaannya seperti pembaca baik dan pembaca buruk. Penelitian menunjukkan betapa pentingnya kemampuan khusus dalam pemahaman membaca.

Apakah maksud dari kemampuan membaca?

Pikirkan tentang istilah executive skills atau kemampuan membaca seperti sebuah payung yang berarti alat mental kita gunakan untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. (Anderson, 2002; Dawson & Naglieri, 2014; Meltzer, 2010).

Seperti seorang menejer executive dari sebuah perusahaan menyusun aturan untuk mendapatkan tujuan. Kemampuan melatih membaca, apa yang kita lakukan untuk diri sendiri sehingga terbiasa berusaha keras, merencanakan, dan mengingat untuk membaca dan memahami dengan baik artikel bacaan.

Ada yang cukup hebat, lebih luas, lebih baik menjadi inti atau lebih mendasar, Executive skill lebih mudah untuk mengingat dan menjadi kebiasaan. (Best & Miller, 2010; Diamond, 2013; Miyake, Friedma, Emerson,2000)

  • Cognitive flexibility  ( Kemudahaan memahami ) merupakan kemampuan untuk memposisikan atau mengalihkan perhatian dari satu arah ke arah yang lain. Anak didik harus mahir mengalihkan perhatian selama didalam ruangan kelas seperti  ketika sedang istirahat ke pelajaran matematika atau sedang sibuk bermain ke pelajaran dari guru.
  • Berusaha menghafal merupakan kemampuan seorang anak untuk mengingat informasi didalam pikirannya ketika sedang berpikir untuk menjawab pertanyaan sehingga dia mampu menjawabnya. Biasanya, ketika membangun mental membaca memahami, sebuah mental pemahaman yang baik harus dipupuk, dijaga dan dikembangkan didalam pikiran dari berbagai ide yang hadir. Catat ide yang muncul lalu hubungkan sehingga sebuah model yang menarik. 



Cara Melatih Diri Menjadi Pembaca Yang Pintar