Sejarah singkat tentang browser

Di zaman ini mungkin sudah sangat sedikit yang tidak mengenal browser. Kenyataannya mulai dari sekokah dasar hingga perguruan tinggi kebanyakan para siswa menuntut dan mencari ilmu dari internet. Mengenal sejarah browser juga penting sebagai dasar ilmu pengetahuan bagi para siswa maupun mahasiswa. Menjelajah dunia Maya secara online telah mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun, namun saat ini hanya sebagian browser yang bertahan mengikuti zaman. Mengenal peramban web terdahulu seperti. "Asisten digital" Siri, Cortana, dan Google Now mengalihkan kueri kami ke halaman web yang sesuai. Plug-in browser memungkinkan media sosial dan integrasi email yang mudah, dan bookmark, history, dan banyak lagi dapat disinkronkan di seluruh perangkat. Dalam suasana kemajuan teknologi yang dewasa ini, aplikasi perangkat lunak telah berubah menjadi penguasa zaman digital. Bagi pengembang web, memahami pentingnya browser bagi para pemain dunia Maya menjadi hal grusiar. Browser yang popularitas akan bertahan dan demografi peramban yang berbeda merupakan kebutuhan. Chrome, Firefox, Safari, dan lainnya merupakan contoh browser yang masih eksistensi sampai sekarang. Dalam sejarah browser web, ada beberapa browser yang mendominasi dalam persaingan yang ketat. Hal itu disebabkan karena telah diakui memiliki kemudahan dan manfaatnya yang dirasakan oleh pemakainya. Sejarah Browser Web 1. World Wide Web (1990)
Seperti yang kita ketahui "diciptakan" pada tahun 1989 di CERN oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris yang menyibukkan diri membuat perambahan web. Pada tahun 1991, Berners-Lee juga yang pertama kali membangun browser web: WorldWideWeb (kemudian diganti namanya menjadi Nexus). 2. Mosaic (1993)

Pada tahun 1993 muncul penemuan baru yang dikenal Mosaic, sebuah browser yang bisa menampilkan teks dan gambar, dirancang untuk digunakan oleh siapa saja. Mosaic diciptakan oleh Pusat Nasional untuk Aplikasi Supercomputing Universitas Illinois sehingga digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. 3. Nesscape (1994)

Dibangun oleh beberapa orang yang sama yang menciptakan Mosaic, seiring waktu Netscape Navigator hadir pada tahun 1994. Kemajuan browser ini adalah digunakan untuk modem dial-up. Pengadopsi internet awal sering menggunakan ungkapan "Terbaik jika dilihat di Netscape" di situs-situz web mereka, dan banyak dari pengguna yang mengikutinya.

4. Internet Expolere (1995)

Sementara Internet Explorer (IE) dari versi sebelumnya, seperti yang asli yang diluncurkan sepenuhnya terintegrasi dengan sistem operasi Windows 95, ternyata IE 3, yang tiba pada 1996, yang memulai pergeseran dominasi browser. Ini mendukung aplikasi multimedia dan surat Internet di antara banyak fitur baru. Dengan bobot Microsoft di belakangnya, Internet Explorer dengan cepat menjadi kekuatan, menjadi browser terdepan pada tahun 1999. 5. Opera (1996)

Juga pada tahun 1996 lahirlah Opera, yang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar karena fiturnya. Itu sebabnya browser opera yang masih lancar sampai hari ini. Opera berasal dari perusahaan Norwegia.
6. Safari (2003)

Perusahaan yang dibangun Steve Jobs kenal Apple berusaha keras untuk sebuah cyberdog. Ditahun 2003 perusahaan beroverformasi dengan Webkid berbasis browser yang dikenal Safari. Setahun kemudian menjadi OS X browser bersamaan dengan OS X 10.2 Pather.
7. Firefox (2003)

Istilah Mozilla ada dalam rangkaian browser dari Netscape, gabungan dari Mosaic dan Killer. Pada tahun 1998, perusahaan yang mengambil sebuah nama dari Mozilla Foundation dengan slogan "Membuka inovasi dan pertisipasi dalam Internet." Mengadopsi sebuah nama "Firebird" di tahun 2003 setelah mendapat teguran dri Phoenix Technologies untuk menetapkan nama menjadi "Firefox".

8. Chrome (2008)

Google CEO yaitu Eric SChmidt sangat terkenal sebagai penggiat dalam membuat dan mengembangkan browser. Bersama dengan Sergery Brin dan Larry Page kolaborasi dari mereka sehingga mampu mengalahkan dan menyaingi Firefox. Pada Septembet 2008, chrome berusaha mendapatkan perhatian pengguna internet dengan menyediakan academic, comic dan media review. Ini adalah bagian sejarah browser yang sering dilupakan. Dalam berkembangan dunia digital, browser adalah bagian terpenting mencari sedikit informasi dalam dunia maya. Dengan adanya sedikit kutipan sejarah browser akan menjadi sebuah kekayaan dalam dunia informasi.

Sejarah singkat tentang browser